Indonesia Menyikapi Ekonomi Global

Apa itu Ekonomi Global?
Suatu kegiatan proses ekonomi dan perdagangan, dimana negara-negara di seluruh dunia menjadi satu kekuatan pasar yang semakin terintegrasi dengan tanpa rintangan batas teritorial negara.

Indonesia menyikapi ekonomi global dengan beberapa strategi:
1. Penguatan daya saing global dan penanganan isu domestik
Salah satu strategi yang mendukung daya saing yaitu dengan menarik investor untuk berinvestasi di Indonesia. Indonesia akan menjadi negara yang menarik untuk didatangi apabila iklim investasi di Indonesia baik. Secara pengertian, investasi dapat diartikan sebagai pengeluaran atau penanaman modal bagi perusahaan untuk membeli barang modal dan perlengkapan produksi untuk menambah kemampuan produksi barang dan jasa dalam perekonomian. Dengan penambahan jumlah barang modal memungkinkan perekonomian tersebut menghasilkan lebih banyak barang dan jasa. Faktor-faktor utama yang menentukan tingkat investasi adalah suku bunga, prediksi tingkat keuntungan, prediksi mengenai kondisi ekonomi ke depan, kemajuan teknologi, tingkat pendapatan nasional dan keuntungan perusahaan (Sukirno, 2004).  

2. Pengamanan pasar domestik
Implementasi Perjanjian Perdagangan Bebas serta penguatan daya saing industri dan pengamanan pasar domestik sangat diperlukan. Kedua langkah ini menjadi harga mati supaya produk Indonesia lebih kompetitif.

3. Penguatan ekspor
Untuk terus memacu pertumbuhan ekspor, pemerintah melalui menteri perdagangan telah menerapkan kebijakan yaitu melalui pemberian insentif fiskal untuk mendorong industri barang modal, bahan baku, dan industri dasar. Selain itu, pemerintah juga terus mengenjot dari sector hilir yaitu memproduksi barang-barang ekspor dengan produk-produk olahan bernilaitambah tinggi.






Sources:
https://prezi.com/f5-jadopyk1n/kesiapan-indonesia-dalam-menghadapi-ekonomi-global/
http://www.kemenperin.go.id/artikel/3315/Pasar-Domestik-Perlu-Diperkuat
http://www.kemendag.go.id/pusdiklat/news/wawasan/28
https://www.scribd.com/doc/314218097/Penguatan-Ekspor-Indonesia

Komentar

Postingan Populer