Pengertian Sejarah


Menurut para ahli:


Aristoteles

Sejarah adalah satu sistem yang meneliti satu kejadian sejak awal dan tersusun dalam bentuk kronologi. Pada masa yang sama, menurut beliau juga sejarah adalah peristiwa-peristiwa masa lalu yang mempunyai catatan, rekod-rekod, atau bukti-bukti yang konkret.



Moh. Hatta

Sejarah bukan sekadar melahirkan ceritera dari kejadian masa lalu sebagai masalah. Sejarah tidak sekedar kejadian masa lampau, tetapi pemahaman masa lampau yang di dalamnya mengandung berbagai dinamika, mungkin berisi problematika pelajaran bagi manusia berikutnya.



R. Moh.Ali

Dalam bukunya Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia ia menegaskan bahwa kata sejarah mengandung arti sebagai berikut:
  • Sejumlah perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa-peristiwa dalam kenyataan sekitar kita.
  • Cerita tentang perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa-peristiwa yang merupakan realitas tersebut.
  •  Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa yang merupakan realitas tersebut.


R.G. Collingwood

Sejarah adalah sebuah bentuk penyelidikan tentang hal-hal yang telah dilakukan oleh manusia pada masa lampau.


Kuntowijoyo

Sejarah menyuguhkan fakta secara diakronis, ideografis, unik, dan empiris. Bersifat diakronis karena berhubungan dengan waktu. Sejarah bersifat ideografis karena sejarah menggambarkan, menceritakan sesuatu. Bersifat unik karena berisi hasil penelitian tentang hal unik. Selain itu juga bersifat empiris artinya sejarah bersandar pada pengalaman manusia yang sungguh-sungguh.



Kesimpulannya:
Sejarah adalah suatu ilmu yang mempelajari kejadian-kejadian/peristiwa yang terjadi pada masa lampau dalam lingkungan kehidupan manusia, yang dipelajari melalui sumber dan bukti sejarah baik tertulis, lisan, maupun benda-benda, dan peninggalan-peninggalan bersejarah.





Sumber: 

Kamus Pintar Sejarah
IPS Terpadu, Bailmu
id.wikipedia.org/wiki/Prasejarah
Atlas Sejarah Indonesia dan Dunia
Google Images 
http://belajar.kemdiknas.go.id 
Rangkuman-pelajaran.blogspot.com
Yudhistira, Seri bimbingan IPS
(https://docs.google.com/document/d/1p5XFSvoP1QUdO1D5PxisNeAploSip9Cs6b0Gk2QzVH0/edit ) http://hedisasrawan.blogspot.co.id/2014/01/40-pengertian-sejarah-menurut-para-ahli.html

 
 


Komentar

Postingan Populer